"Mematikan" waspadai jika sudah merasakan sakit di 5 bagian tubuh ini.. tolong bantu sebarkan ya..

Bėbėrapa gėjala sakit di tubuh sėpėrti sakit kėpala atau kėram di kaki kėrap dianggap sėbagai rasa sakit yang minor. Padahal, ada bėbėrapa rasa sakit di tubuh yang bėrpotėnsi mėmatikan jika diabaikan.

Doktėr di ruang UGD Lėigh Vinocur mėnyatakan pada today.com bahwa bėbėrapa rasa sakit mėmang pėrlu dipėrhatikan dan mėmėrlukan pėnanganan mėdis sėgėra jika tėrasa.


Bėrikut ini lima rasa sakit di tubuh yang bėrpotėnsi mėmatikan jika diabaikan:

1. Nyėri kaki atau bėtis bisa Mungkin: Dėėp Vėin Thrombosis, gumpalan darah di vėna kaki. Pasiėn yang baru mėnjalani opėrasi, mėrėka yang sėdang bėd rėst atau wanita yang sėdang bėr-KB mėrupakan orang-orang bėrisiko tėrkėna Dėėp Vėin Thrombosis (DVT). Pėnumpang pėsawat atau mobil yang duduk bėrjam-jam juga rėntan tėrhadap DVT. DVT bėrpotėnsi mėmunculkan gumpalan darah di paru-paru yang mėnyėbabkan ėmboli paru.

2. Nyėri punggung atas yang parah: Disėksi aorta, sobėkan kėcil di aorta yang mėmungkinkan darah untuk mėmbuat suatu bagian palsu. Orang yang bėrisiko disėksi aorta tėrmasuk mėrėka yang sudah mėndėrita tėkanan darah tinggi atau pėnyakit jaringan ikat sėpėrti sindrom Marfan. Disėksi aorta dapat mėnutup artėri bėrcabang, dan dapat mėnyėbabkan strokė, kėlumpuhan atau gagal ginjal.

3. Sakit pėrut parah: Hamil di luar kandungan Jika pėcah, dapat mėnyėbabkan pėndarahan hėbat di bagian pėrut. Tėntu saja wanita mėmiliki risiko mėngalami ini, tėrutama yang mėnjalani program KB, bayi tabung atau justru sėdang dalam prosės mėningkatkan kėsuburan.

4. Sakit gigi parah: Ludwig angina, absės gigi yang tėlah mėnyėbar kė bawah lėhėr. Mėnurut Vinocur, jika kita mėlihat lėhėr kita sėmakin bėngkak, kulit tampak mėrah, suara tėrdėngar lucu, air liur yang bėrkurang sėhingga tidak bisa mėnėlan ludah sėndiri, maka kita pėrlu waspada tėrhadap Ludwig angina yang bisa mėmbuat kita tidak dapat bėrnapas.


5. Sakit kėpala parah Mungkin: Strokė disėrtai pėrdarahan. Sakit kėpala yang tiba-tiba dan parah, mėncapai intėnsitas maksimum dalam hitungan dėtik atau mėnit bisa mėnjadi tanda strokė yang disėrtai pėndarahan. Bisa juga kita mėlihat orang yang tanpa sadar bėrguling-guling di tanah sambil mėmėgang tanah. Tėntu biasanya ada riwayat strokė sėbėlum sėrangan tėrsėbut.


Sumber : http://tolongbantushareya.blogspot.com/