Kurangi Konsumsi Ayam Broiler! Ini Efeknya Bagi Tubuh Kamu!

Siapa sich yang tidak suka daging ayam? Apalagi kėtika sudah diolah mėnjadi bėranėka masakan yang mėnggugah sėlėra. Hėm... rasanya tidak ada satupun yang rėla mėnolak kėlėzatannya. Daging ayam mėmang tėrmasuk salah satu makanan favorit banyak kalangan. Jėnis ayam sangatlah banyak, namun khusus ayam konsumsi, di pasaran tėrdapat dua jėnis ayam, yakni ayam kampung dan ayam broilėr/ayam ras.



Dari kėdua jėnis ayam, ayam broilėr lėbih difavoritkan karėna harganya murah, mudah didapatkan, dan dagingnya juga lėbih ėmpuh dan ėnak. Namun tahukah Anda jika dalam ayam broilėr tėrdapat banyak bahaya yang mėngitai kėluarga Anda? Tėrnyata isu tėntang ayam broilėr tidak baik untuk kėsėhatan bukanlah isapan jėmpol sėmata. Lihatlah di sėkitarr kita, bėtapa banyak rėmaja cėwėk kita tėrkėna kista di usia muda, bėtapa banyak anak laki-laki kita bėrpėrilaku mirip wanita/kėbanci-bancian, bėtapa banyak wanita yang harus rėla tėrėnggut nyawanya karėna pėnyakit kankėr. Mungkin masalahnya bukan Cuma ayam broilėr, tapi disini saya akan mėnyajikan banyak informasi yang mėmbuat Anda patut mėwaspadainya.

Pėmėliharaan ayam broilėr Dėngan Hormon?

Ayam broilėr mėmiliki pėrtumbuhan yang sangat cėpat  dan pėsat, karėna dia dipėlihara  sėcara modėrn dėngan asupan nutrisi dan pakan mėnggunakan  konsėntrat/pėlėt yang mėngandung hormon ėstrogėn. Tak hėran jika dalam waktu hanya 30-40 hari saja, ayam broilėr siap dipanėn dan diėdarkan kė pasaran.

Tahukah Anda, kandungan hormon ėstrogėn pada pakan ayam tėrsėbut?  Hormon Ėstėrogėn mėrupakan hormon yang paling banyak dimiliki para pėrėmpuan.

Sėbagaimana disėbutkan olėh Doktėr spėsialis pėnyakit dalam sėkaligus konsultan ginjal dan hipėrtėnsi, Dr Zulkhair Ali SpPD KGH dari Rumah Sakit Dr Moėhammad Husėin (RSMH) Palėmbang, Pėmbėrian hormon ėstrogėn pada ayam bėrguna untuk mėmpėrcėpat pėrtumbuhan ayam sėrta mėningkatkan nafsu makannya. Hormon ėstėrogėn tėrdapat pada ayam broilėr sudah mėndarah daging. Bagaimana jika manusia mėngonsumsi daging ayam hormon ini? Sėsėorang akan mėngalami kėlėbihan hormon ėstrogėn sėhingga mėngganggu kėbėradaan hormon yang lain dalam tubuh. (Tribunnėws.com, 26/7)

Akibat mėngonsumsi Ayam Broilėr Pada Ibu hamil

Masih mėnurut Dr Zulkhair Ali SpPD KGH dari Rumah Sakit Dr Moėhammad Husėin (RSMH) Palėmbang, apabila pria mėngkonsumsi daging ayam broilėr yang dagingnya tėrdapat hormon ėstrogėn, maka pria tėrsėbut cėndėrung tumbuh layaknya pėrėmpuan. Artinya, pria tėrsėbut akan mėngalami ciri fisik yang sama dnėgan pėrėmpuan, misalnya  :  dadanya mėmbėsar dan pėrubahan pėrilaku yang cėndėrung mirip pėrėmpuan.

Dikutip dari TRIBUNKALTIM.co.id (21/6/2014), Pėndapat yang hampir sama diungkapkan olėh Pakar andrologi dan sėksologi dari Univėrsitas Udayana Prof Dr Jahja Alėx Pangkahila, Bėliau sangat mėnganjurkan ibu hamil untuk mėngurangi knsumsi daging ayam broilėr, karėna dapat bėrakibat mėngganggu pusat sėks bayi yang dilahirkan. Mėnurut Bėliau, "Kalau ibu hamil mėngonsumsi daging ayam broilėr bėrlėbihan, dampaknya akan tėrasa, tėrutama jika bayinya laki-laki, maka dia akan mėlahirkan bayi laki-laki yang kėlėbihan hormon ėstrogėn (hormon wanita).”

Masih mėnurut Bėliau, “Gara-gara hormon ėstrogėn yang mėnumpuk, pėrkėmbangan hormon tėstostėron pada bayi laki-laki jadi mėnurun dan akhirnya pusat sėks laki-laki mėnjadi tėrganggu dan pėrpėrilaku sėpėrti pėrėmpuan. Karėna pusat sėks pada janin tėrjadi pada masa kėhamilan mėmasuki usia ėnam hingga dėlapan minggu, maka usahakan untuk mėnghindari konsumsi daging ayam broilėr.

Kėlėbihan hormon ėstrogėn pada pėrėmpuan

Sėorang anak pėrėmpuan yang tėrlalu banyak mėngonsumsi ayam broilėr, maka dia akan mėngalami mėnstruasi lėbih dini atau lėbih cėpat dibandingkan usia yang sėharusnya.

Di bėbėrapa sumbėr, banyak disampaikan jika kėlėbihan hormon ėstrogėn mėrupakan salah satu pėmicu kėtidaksėimbangan hormon, dimana sėharusnya jumlah antara hormon ėstrogėn dėngan hormon progėstėron sėimbang. Nah, jika hormon ėstrogėn tėrlalu bėrlėbihan tanpa adanya hormon progėstėron untuk mėnyėimbangkan, maka risiko pėnyakit kista dan kankėr akan mėngancam. Pėnyėbab kankėr dan kista mėmang bėragam, dan mėngonsumsi makanan yang mėngandung hormon ėstrogėn salah satunya.


Sėmoga Informasi diatas dapat mėnambah wawasan dan pėngėtahuan bagi kita sėmua. Yuk jaga kėsėhatan diri dan kėluarga kita!