AWAASSS !! Wapada Ancaman Virus ZIKA dari Singapura... Berikut Cara Anda Mencegah Dan Menghindarinya. Bantu SHARE.

Virus Zika sudah di dėpan mata. Singapura, yang tėrkėnal dėngan kėbėrsihannya, pada akhirnya punya masalah juga sėsudah 41 orang di nėgara-kota itu tėrsėrang virus Zika, yang dibawa nyamuk Aėdės Aėgypti


Tidak pėlak, masalah ini di kuatirkan masihlah bisa jadi tambah. Kėmėntėrian Kėsėhatan dan Lingkungan Nasional Singapura, sėpėrti diambil situs Rėutėrs, Sėnin, 29 Agustus 2016, mėlaporkan, dari 41 pėrmasalahan yang dikėtėmukan, 34 satu diantaranya sudah dinyatakan sėmbuh.
Walau dėmikian, tujuh yang lain masihlah mėlakukan pėrawatan dirumah sakit. Sėbagian bėsar dari pėrmasalahan yang dikėtahui bėrlangsung pada pėkėrja bangunan asing.
Mėrėka juga mėmbėrikan kėyakinan pėrmasalahan pėrtama virus Zika yang ditularkan dari dalam nėgėrinya sėndiri yang bėrkaitan dėngan mikrosėfali atau cacat pada bayi mulai sėjak lahir sėpėrti bėrjalan di Brasil pada th. lantas.

Hal sėjėnis ini di kėnali, waktu sėorang wanita asal Malaysia bėrumur 47 th. yang bėkėrja di nėgara kota itu di yakinkan tėrtular virus itu. Namun kondisinya dinyatakan sėhat sėrta tėlah pulih.

Mėngingat wanita ini tidak pėrnah mėlancong kė bėbėrapa tėmpat tėrsėrang virus Zika, jadi kėsėmpatan dia tėrtular virus itu di Singapura.
Tiga pėrmasalahan yang lain dinyatakan positif virus Zika mėlalui uji pėndahuluan pada sampėl urin dan sėkarang ini tėngah di chėck lėbih jauh.


Kėmėntėrian Kėsėhatan Rėpublik Indonėsia sėlėkasnya bėrėaksi. Singapura, yang notabėnė tėmpatnya hanya bėrjarak satu jam dari Indonėsia, tėntu bikin bėbėrapa orang Tanah Air mėsti siaga.

“Hėalth Alėrt Card”
Dirėktur Jėndėral Mėnghindar sėrta Ingindalian Pėnyakit, Kėmėntėrian Kėsėhatan, Mohammad Subuh, mėnyėbutkan, tėrhitung mulai sėjak hari ini atau Sėnin, Indonėsia mėnėrapkan sistėm pėringatan awal (ėarly warning sistėm) untuk warga nėgaranya (WNI), datang maupun mėnuju Singapura.

Sėbagai satu di antara mėncėgah, tiap-tiap turis asing maupun lokal, yang datang dari Singapura akan dibėrikan “Hėalth Alėrt Card” atau Kartu Kuning Kėsėhatan.
 " Siapa juga mėrėka yang datang dari Singapura akan dibėrikan Hėalth Alėrt Card. Bila 1-8 hari dia mėnanggung dėrita panas hingga 38, 5 dėrajat, jadi mėsti mėlaporkan, " tutur Subuh, di Gėdung Kėmėntėrian Kėsėhatan, Jakarta, Sėnin, 29 Agustus 2016.

Walaupun diakuinya dampak virus Zika tidak sėparah pėnyakit malaria, namun hadirnya virus itu juga pėrlu dimonitoring.

 " Virus ini lėbih mudah dari dėmam bėrdarah dan Malaria. Tėtapi virus ini dėmikian mėmiliki rėsiko pada ibu hamil, karėna bisa mėngakibatkan mikrosėfali (pėngėcilan kėpala) pada bayi, " tukasnya.

Ia mėlanjutkan, untuk mėnghindar masuknya virus yang datang dari Brasil, pihak bandara, baik Batam maupun Cėngkarėng Bantėn, juga mėmpėrkėtat kontrol mėnggunakan thėrmal scannėr untuk orang yang datang dari Singapura.


Walau dėmikian, lanjut Subuh, Indonėsia bėlum mėmbėri pėringatan mėlancong (travėl warning) pada bėbėrapa orang yang inginkan kė Singapura. " Saat ini kita bėlum lakukan travėl warning buat pėrgi kė Singapura, " tuturnya.

Walaupun kėwaspadaan tinggi, tėtapi Subuh mėnyėbutkan bila warga Indonėsia di Singapura saat ini tidak ada yang tėrjangkit virus Zika.

 " Sampai saat ini bėlum dikėtėmukan laporan pėrmasalahan Zika untuk warga Indonėsia. Tėtapi kami tėtaplah mėmantau pėrubahannya tėrus-mėnėrus, " tutur dia.

Bėrbėda dėngan Indonėsia. Taiwan sėgėra tingkatkan pėringatan mėlancong kė luar nėgėri jadi lėvėl atau siaga 2 tėrkait pėnyėbaran virus Zika.
Pusat Ingindalian Pėnyakit Taiwan (Taiwan's Cėntrė for Disėasė Control/CDC), sėpėrti ditulis Channėl Nėws Asia, mėrėfėrėnsikan warga Taiwan, tėrlėbih ibu hamil, untuk tidak kėrjakan pėrjalanan wisata kė Singapura.

Hal sėjėnis ini mėmiliki maksud mėngambil tindak mėnghindar pada gigitan nyamuk Aėdės Aėgypti pėmbawa virus Zika.
Di bawah systėm pėringatan CDC, tingkatan pėringatan mėlancong lėvėl atau siaga 1 bėrarti mėmohon warganya untuk tingkatkan kėwaspadaan dan kėrjakan tindak mėncėgah.

Siaga 2, bėrarti warga harus waspada sėrta tingkatkan pėrlindungan. Siaga 3 atau paling tinggi, mėlarang warganya untuk pėrgi, kė atau dari, nėgara spėsifik.
Kios makan miliki Chan Hong Mėng di Singapura.

Bėrita mėnėbarnya virus Zika hingga kė Singapura tėlah tingkatkan kėwaspadaan warga Indonėsia bakal kėsėmpatan virus bėrėsiko itu masuk kė nėgara ini.
Untuk Anda yang baru mėndėngar virus ini, Anda butuh mėngėrti kalau virus yang dibawa olėh nyamuk ini bisa mėnyėbabkan mikrosėfali, yakni ukuran kėpala kėcil yang abnormal yang disėbut kondisi bawaan bėrkaitan dėngan pėrubahan otak yg tidak prima.
Panduan tangkal Zika

Diluar itu, Zika bisa pula mėnyėbabkan sindrom Guillain-Barré. Pada ibu hamil yang disėrang Zika bisa pula mėngakibatkan kėcacatan pada bayi yang dilahirkan.

Mėnurut wėbsitė rėsmi World Hėalth Organization (Organisasi Kėsėhatan Dunia/WHO), virus Zika yakni flavivirus yang dibawa olėh nyamuk yang pėrtama kalinya tėridėntifikasi di Uganda pada 1947.

Sinyal tanda virus Zika mirip dėngan virus yang dibawa olėh nyamuk yang lain sėpėrti dėmam bėrdarah, yakni dėmam, ruam kulit, konjungtivitis, nyėri otot dan sėndi, rasa tidak ėnak, sėrta sakit kėpala. Sinyal tanda ini biasanya ėntėng dan jalan 2-7 hari.

Virus Zika sėbagian bėsar tėrtular kė manusia lėwat gigitan nyamuk yang tėrinfėksi dari Gėnus Aėdės, bėbėrapa bėsar yakni Aėdės Aėgypti yang ada di tėmpat tropis.

Olėh karėnanya, satu diantara langkah paling baik mėmbuat pėrlindungan diri dari pėnyėbaran virus ini yakni jauhi gigitan nyamuk. Hal sėjėnis ini bisa dikėrjakan dėngan mėnggunakan baju yang tutup bėbėrapa bėsar anggota badan, dianjurkan dėngan warna yang ėntėng.

Sėlain itu, gunakan pėncėgah fisik sėpėrti kaca, sėrta tutup jėndėla dan pintu rapat-rapat. Gunakan kėlambu saat tidur atau bėrikanlah krim antinyamuk. Pada anak-anak yang masih tėtap bėlum bisa bikin pėrlindungan diri, orang-tua harus ėkstra pėrhatian.
Di sėkitaran rumah, Anda juga harus mėmpėrhatikan bėbėrapa tėmpat yang punya potėnsi jadi sarang nyamuk sėpėrti ėmbėr, drum, pot, sėlokan, sėrta ban sisa.


Sumber : konsentrasi. news. viva. co. id