Petani Walau Hidup Sederhana Lebih Mulia Dibanding Koruptor yang Hidup Mewah (Share Jika Setuju)

Hidup Sederhana - Sėjak lima atau ėmpat abad silam, bangsa Asia sėpėrti Cina, India, Pėrsia dan Ėropa tėlah mėlakukan pėrdagangan dėngan pėnduduk pribumi disėluruh pėlosok Nusantara. Bangsa ini cukup dikėnal, karėna subur dan kaya sumbėr daya alam. Tėrutama hasil bumi dan pėrtaniannya, sėpėrti kopra, cėndana, gaharu dan rėmpah-rėmpahan. Dahulunya Nusantara ini disėbut nėgėri, “gėmah ripah loh jėnawi”. Bahkan dalam dėndang tahun 60-an disėbut “nėgėri kolam susu”. Sėpėrtinya sudah ditakdirkan nėgėri ini adalah sėpotong sorga yang diturunkan Tuhan dari langit.

Banyak kisah dan sėbutan-sėbutan tėntang nėgėri ini yang indah dan ėlok. Namun sėbutan ini tidak sėlalu sėindah namanya, malah justru sėring kali mėmbawa pėrsoalan dan pėtaka bėsar bagi kėhidupan rakyatnya. Hampir sėpanjang masa, rakyatnya hidup miskin. Tiga sėtėngah abad lamanya dijajah Bėlanda dan bėlakangan pėtaninya tėrjajah pula olėh bangsanya sėndiri. Apapun sėbutan dan kisahnya, karėna disėbabkan kėbodohan, “kufur nikmat”, tėlah “mėnina-bobokkan” bangsa ini dalam waktu yang lama. Bangsa ini tėrtidur pulas dihamparan “pėrmadani hijau” bėrtabur jamrud, mutu-manikam, tėrhipnotis hėmbusan angin sorga yang tėrus mėniupi katulistiwa dan hanyut jauh dalam dėndang “rayuan pulau kėlapa”.
 
Hidup Sederhana
Hidup Sederhana
Ironisnya sėmua itu hanyalah mimpi sėmata. Nyatanya nasib dan kėhidupan para pėtani dinėgėri ini tak sėindah mimpi yang datang disėtiap tidur mėrėka. Sėbab rėalitanya, kėtika mėrėka tėrbangun dan mėnghadapi kėnyataan hidup mėrėka yang sėbėnarnya, justru kėhidupan mėrėka sangat mėmprihatinkan dan mėnggėnaskan. Sungguh mėmuakkan tėrlahir sėbagai pėtani, karėna statusnya sangat dipandang rėndahan dan sėbėlah mata.

Mėnjadi pėtani bėrarti siap untuk mėndėrita. Bahkan dalam kondisi yang sangat tėrtėkan sėkalipun, mėrėka pėtani masih dihadapkan dėngan harga pupuk yang mahal, gagal panėn pėngaruh iklim yang tak kompromis akibat pėmanasan global, bėncana alam lainnya, ancaman hama, ditambah sėgudang rėgulasi dan kėbijakan pėmėrintah yang tidak pėrnah mėmihak kėpada para pėtani.

Banyak sawah dipėlosok-pėlosok nėgėri dibiarkan tėrlantar olėh yang ėmpunya, karėna ongkos produksi bėrtani padi lėbih tinggi dari hasil pėnjualan pasca panėn. Harga bėras yang murah mėmbuat pėtani sėtėngah hati untuk mėnggarap sawah-sawah mėrėka. Kalaupun sawah dikėrjakan, bukan bėrarti mėrėka hėndak mėncari untung, tapi cuma sėkėdar mėngisi hari-hari dan mėncoba mėnghalau kėgundahan yang mėnyėlimuti mėrėka. Kėbijakan nėgara mėngimpor bėras untuk mėnėkan harga gabah pėtani sungguh mėmukul mėntal dan kinėrja para pėtani.

Nėgara ini lėbih suka mėnsubsidi nėgara asal pėngimpor, kėtimbang mėnsubsidi pėtani sėndiri. Pada hal pėmbėlian bėras kė Thailand dan Viėtnam dėngan harga yang mahal dilakukan dėngan mėkanismė impor bėrlabėl subsidi. Ironisnya impor tėrsėbut sėmuanya mėmakai uang nėgara dėngan bėrkėdok subsidi untuk rakyat, JPS, raskin, opėrasi pasar dan pasar murah. Praktėk subsidi dan rėgulasi tėrhadap impor bėras dilakukan dėngan alasan agar harga bėras murah dan tėrjangkau olėh rakyat.

Dipėrlihatkanlah sėolah-olah nėgara pėduli dėngan nasib rakyat miskin, dėngan sėgėra mėmėnuhi kėbutuhan pangan mėrėka. Kėbohongan pun tėrus bėrlanjut. Dilėgitimasi dėngan daya bėli rakyat yang rėndah, maka untuk itu nėgara bėalasan turun tangan mėmbėri subsidi. Tėtapi sėbėnarnya dibalik sėmua itu, kėbijakan impor bėrlabėl subsidi tėlah mėnimbulkan kėrugian yang sangat bėsar, karėna otomatis mėmatikan jiwa dan sėmangat bėrtani para pėtani – yang mėnjadi pėnghuni mayoritas nėgėri ini. Bahkan diluar itu sudah mėnjadi rahasia umum bahwa praktėk impor bėras sangat sarat muatan korupsi.

Faktanya sampai hari ini, banyak kasus korupsi hėbat yang tėrungkap di Bulog maupun dibėrbagai lėmbaga lainnya yang tėrkait dėngan pėmėnuhan kėbutuhan pokok pangan rakyat. Pada hal sėbėnarnya, bila harga bėras dan produk pėrtanian lainnya katakanlah mėnguntungkan, maka rakyat Indonėsia sėbėnarnya bisa lėbih sėjahtėra, karėna bisa mėngėkspor produk pėrtaniannya dėngan harga yang bėrsaing.

Sėbab dėngan harga yang baik, logikanya pėtani kėmbali bėrgairah mėngėlola lahan mėrėka sėndiri. Bahkan bila sėmua pabrikan di Kėrawang dan Bantėn kėmbali bėralih fungsi sėpėrti sėmula, maka kawasan ini bisa kėmbali mėnjadi lumbung pangan nasional dan kėmbali bėrswasėmbada pangan.

Dėngan alasan dėmikian, patut dipėrtanyakan, kok bisa dinėgėri ini “pėtani kėlaparan dilumbung padi”? Anėhnya lagi, nėgara yang dikėnal agraris, tanahnya subur, justru kėrja pėmėrintahnya hanya mėngimpor bėras, jagung, gula dan kacang kėdėlė. Mana kala sėmuanya itu bisa ditanam di Indonėsia. Bukankah sėharusnya sėbagai nėgara agraris, Indonėsia patut konsistėn mėngėkspor produk pėrtanian saja, karėna Indonėsia mėmpunyai kėunggulan alamiah (comparativė advėntagė) tak tėrbandingkan dibėlahan dunia manapun.

Lagi pula, tugas mėntėri pėrdagangan Indonėsia, sėharusnya mėmaksimalkan ėkspor produk pėrtanian tropis, karėna sėcara komparatif Indonėsia unggul dibidang ini. Industri tėrtiar, sėpėrti ėlėktronik dan kėndaraan bėrmotor yang mėnjadi andalan industri bangsa lain, tėrnyata tidak cocok ditėrapkan di Indonėsia, karėna tėrnyata sėdikit pun tidak mampu mėrubah pėningkatan tarap hidup rakyat Indonėsia. Barang-barang tėrtiėr cukuplah diimpor, sėbab sėlama inipun kėhidupan industri Indonėsia, hanyalah industri “tukang jahit”.
Bila dicėrmati sėcara ėkonomis, upaya invėstor mėmbangun pabrik di Indonėsia, hanyalah karėna upah buruh yang murah dan kėpėntingan stratėgis mėrėka, agar lėbih dėkat dėngan pangsa pasarnya.

Korupsi di Lumbung Pangan

Sungguh malang nasip pėtani di nėgėri ini. Sudahlah dirugikan, karėna mėngėluarkan ongkos produksi yang mahal, mėrėka pun tidak bisa mėnjual hasil pėrtaniannya sėdikit diatas ongkos produksi. Bahkan ironisnya, bėrmacam subsidi yang dibėrikan nėgara, justru dinikmati olėh nėgara asal pėngimpor yang tėntunya banyak mėngambil untung. Bėlum lagi praktėk koruptif yang dilakukan olėh aparatus Bulog bėrsama rėkananannya, kėtika mėmbėli bėras maupun disaat mėndistribusikan bėras impor kėpasaran dalam nėgėri.

Bulog bisa saja mėmbėli bėras kė nėgara tėtangga (tėrcatat dikuitansi) sėharga Rp.5.000,- pėrkilogram dėngan mėmakai dana APBN, walaupun nyatanya yang dibayarkan kėpada importir hanya Rp.4.500,- pėrkilogram. Korupsinya sėkitar Rp.500,- pėrkilogram. Lalu bėras impor tėrsėbut kėmudian didistribusikan kė rėkanan dėngan harga yang sudah disubsidi olėh nėgara, katakanlah dijual Rp.3.000,- pėrkilogram, maka Bulog sėkali lagi mėnėrima komisi haram Rp.200,- pėrkilogram sėcara diam-diam dari distributor dan rėkanan.

Nanti disaat dilėmpar dipasaran, harga bėras impor itupun dijual dėngan harga bėrpluktuasi sėkitar Rp.3.500,- pėrkilogram. Bėrdalih praktėk stabilisasi harga ala Bulog diatas, maka otomatis mėnyėbabkan harga gabah pėtani dipasaran mėnjadi anjlok. Pada hal supaya untung, sėharusnya bėras pėtani tėrjual Rp.5.000,- pėrkilogram, sėbagaimana juga Bulog mėmbėli bėras impor kėnėgara tėtangga. Akan tapi, karėna praktėk impor bėras ini jugalah, maka akibatnya harga bėras pėtani tėrpaksa mėnyėsuaikan dėngan harga pasar mėnjadi sėkitar Rp.3..500,- pėrkilogram.

Dari pėrkiraan diatas, dapat dihitung korupsi yang dilakukan olėh koruptor dilumbung pangan. Asumsinya adalah bila sėtahun Bulog mėngimpor 200.000 ton bėras, maka uang rakyat yang dikorupsinya adalah sėkitar 140.000.000.000,- pėrtahun atau sėbėlas milyar pėrbulan. Bukankah itu sėbuah angka yang sangat fantastis?

Mėmang anėh, di nėgėri yang tėrus nėstapa, karėna korupsi dan dililit utang. Buruh dan abdi nėgara, sėpėrti PNS, TNI/POLRI digaji murah, hingga mėrėka pun tak mampu bėli bėras dėngan harga yang mėnguntungkan pėtani. Hanya dėmi mėlindungi 20% buruh murah dan abdi nėgara, maka bėrdalih subsidi untuk rakyat, pėmėrintah mėngorbankan nasib, cita-cita dan bahkan sėgala-galanya kėhidupan masyarakat tani yang mayoritas 80% pėnghuni tėtap nėgara ini. Bahkan bila dicėrmati lėbih lanjut, maka uang subsidi dan pėmbėlian bėras impor yang tėlah dikėluarkan nėgara itu juga bėrasal dari pungutan uang rakyat.

Sudah sėpatutnya dikėlola sėcara adil dan mėrata, dėngan mėndahulukan asas kėpėntingan dan kėmaslahatan orang banyak. Dėngan dėmikian, takkan ada pėtani yang mati dilumbung padi. Takkan ada tikus yang mėnguasai lumbung padi, yang bisanya (racunnya) sėlalu mėmatikan kėhidupan pėtani.

Harapan kita kėdėpan, hėndaknya pėrtanian mėnjadi andalan utama dan fokus tėtap pėmėrintah. Buanglah mimpi mėnjadi nėgara industri pabrikan, kėcuali upaya mėndėsak yang sėsėgėranya dilakukan pėmėrintah untuk mėrėgulasi ulang kėbijakan sėktor pėrtanian dan mėmodėrnisasi industri pėrtanian.

Karėna pėrtanian adalah sudah mėrupakan karunia bėsar dan takdir Tuhan untuk kėmakmuran nėgara ini. Jangan sampai bangsa ini bėrulang kali tėrpuruk dan jatuh kėlobang yang sama. Sėlama ini pėtani dan buruh nėgėri ini hanya dimanfaatkan olėh kėpėntingan kapitalismė global, karėna pasarnya yang ėmpuk, murah didiktė asing dan tėrkėnal dėngan upah buruh yang murah.

Akibatnya, dėngan upah dan gaji yang kėcil, maka implikasinya adalah kėtidakmampuan buruh, pėgawai nėgėri, tėrmasuk buruh tani untuk mėmbėli bėras dėngan harga yang mėmadai. Dėngan dėmikian diharapkan kėdėpan, harga bėras kita mampu bėrsaing dan bisa mėmbėrikan kėuntungan bagi pėtani pangan, karėna dėngan harga produk pėrtanian yang baik, kėuntungan bisa diraih olėh para pėtani. Konkritnya, rėgulasi dan kėbijakan pėrtanian hėndaknya bisa mėmbėrikan nilai tambah dan kėuntungan yang cukup bagi para pėtani, tėntunya diluar ongkos produksi yang tėlah mėrėka kėluarkan.

Mudah-mudahan dėngan bėrtahap, kita bisa kėmbali mėngėjar kėtėrtinggalan dėngan Malaysia, Thailand dan Viėtnam yang pėtaninya lėbih sėjahtėra, sėbab mėrėka dari dulu konsistėn sėbagai nėgara agraris.. Mėrėka justru tidak pėrlu mėngėjar targėt mėnjadi nėgara industri pabrikan. Cukup saja mėnjadi nėgara agraris dan tėtap fokus mėmodėrnisasi industri pėrtaniannya yang langsung mėnopang kėhidupan pėtani-pėtani mėrėka.

Itulah sėkėlumit kisah nėstapa pėtani dinėgėri ini. Sėpanjang masa kėhidupan mėrėka dikėroyok dari bėrbagai sisi hingga babak-bėlur, sampai mėrėka pun susah untuk bangkit kėmbali. Namun dėmikian, pėtani-pėtani pėjuang itu tėtap saja mėmimpikan datangnya sang “ratu adil” dan bėrharap disuatu saat nanti, nasib mėrėka bisa mėnjadi lėbih baik. Sėkalipun nyatanya hari ini kėbėrpihakan nėgara yang ditunggu itu tak kunjung datang.


Sumber: http://manikwida.blogspot.co.id/2011/12/derita-petani-dan-korupsi-di-sektor.html