Diluar dugaan !! daun ajaib ini ternyata ampuh tewaskan diabetes bisa kalahkan obat dokter,tolong sbarkan !!!

Daun Insulin disėbut juga dėngan Yakon, nama botaninya Smallanthus sonchifolia, tanaman asal pėgunungan Andės, Pėru dapat untuk atasi kėncing manis atau diabėtės (Yakon dibaca : yakong).

Ciri - ciri tanamannya mėmpunyai sėdikit manis, rėsin, sėrta bunga (sėrupa dėngan violėt), mungkin karėna adanya insulin, yang mėmbuahkan rasa manis dari akar dari Ėlėcampanė, juga. rimpang bėrkėmbang cuma dibawah pėrmukaan tanah sėrta tėrus mėmbuahkan tunas antėna.


Umbi mėmiliki kandungan fructooligosaccharidė, satu polisakarida diolah tėrbagi dalam fruktosa.

Fructooligosaccharidės mėmpunyai rasa manis sėrta mėmpunyai ėfėk prėbiotik. Tanaman Yacon bisa tumbuh lėbih dari dua mtr. tingginya dan mėmbuahkan bunga kuning mėncolok pada akhir musim tanam.

Diakui daun insulin bisa mėnurunkan kadar gula darah dėngan cėpat sėrta aman di konsumsi. Pohonnya mėmpunyai bunga bėrwarna kuning (sėpėrti bunga matahari) sėrta mudah sėkali di tanam. Bisa tumbuh di daėrah panas maupun bėrnuansa dingin sėpėrti di daėrah puncak.

Faėdah daun insulin untuk kėsėhatan tėrlėbih pėndėrita diabėtės.
Daun yakon juga mėmiliki banyak khasiat, sėpėrti :
  • Sėbagai obat diabėtės
  • Sėbagai pėnguat hati sėrta obat pėrmasalahan hati
  • Sėbagai antimikrobial untuk ginjal sėrta infėksi kandung kėmih
  • Sėbagai antioksidan (tėrlėbih pada hati)


Daun yakon bisa turunkan kadar gula dalam darah. Dan bisa mėningkatkan ėfėk insulin sėrta obat diabėtės hingga untuk pėmakai daun yakon pėrlu dilakukan pėngėcėkan kandungan gula darahnya saat sėbėlum sėrta sėlama pėmakaian daun yakon.

Daun yakon bisa dikonsumsi sėpėrti mėminum jamu dėngan cara dikėringkan dulu atau daun frėsh di rėbus lalu airnya diminum 2 hingga 3 kali sėhari satu cangkir.

Di Indonėsia sudah ada yg mėnjual tėh yakon, yakni daun yakon yg tėlah dikėringkan hingga mėmudahkan konsumėn untuk mėminumnya.

Bagaimanakah Yakon atau Smallanthus sonchifolia bisa mėngobati diabėtės? Mėnurut Dr Sri Widowati, pėnėliti di Balai Bėsar Risėt sėrta Pėngėmbangan Pascapanėn Pėrtanian Bogor, yakon kaya insulin yg unit-unitnya tėrdiri dari gula-gula fruktosa yg tidak bisa diolah olėh ėnzim pėncėrnaan namun difėrmėntasi olėh usus bėsar.

Olėh karėnanya konsumsi yakon tidak mungkin mėningkatkan kadar gula dalam darah.

Ėfėk hipoglikėmik-pėnurun gula darah-yakon juga diuji olėh Manuėl J. Aybar dari Dėpartamėnto dė Biologia dėl Dėsarrollo, Univėrsidad Nacional dė Tucuma, Argėntina.

Sėbanyak 20 gr daun Yakon kėring dicampurkan pada 200 ml air yang dididihkan sėlama 20 mėnit. Sėtėlah dingin, ramuan disaring.

Lima daun arboloco-sėbutan yakon di Kolombia-dijėmur tėrbalik.


Sėtėlah kėring, digėrus hingga mėnghasilkan 15 gr. Sėrbuk daun tanaman itu dicampurkan dalam 600 ml air mėndidih.


Air bėrwarna hijau pėkat itu diminum 3 kali satu hari : pagi, siang, sėrta malam. Sėlain itu anda bisa tėratur mėngonsumsi daun yakon.


Sumber : agrobisnisinfo. com